Loading
  • June 22, 2016
  • By site-admin
  • Berita
  • Comments Off on Apa sih pentingnya sebuah Brand?

Apa sih pentingnya sebuah Brand?

brandstart pusmar

Puspita Martha, salah satu sekolah kecantikan terbaik di Indonesia berskala internasional, pada hari Sabtu lalu, 18 Juni 2016 melaksanakan kegiatan Free Seminar dengan tema “Why Brand is Important For Your Business”.

Kegiatan yang dihadiri oleh para alumni Puspita Martha yang tergabung dalam PMAC (Puspita Martha Alumni Club) ini terbuka untuk umum. Selain anggota PMAC, banyak juga masyarakat umum yang tertarik pada bisnis di dunia kecantikan hadir dalam acara tersebut.

Tema yang diusung oleh Arto Soebiantoro, sebagai Narasumber pada acara tersebut disajikan dengan sangat menarik. Terlihat dari antusiasme peserta yang hadir. Arto Soebiantoro sebagai penggiat branding memaparkan dengan cara unik tentang makna pentingnya merek bagi bisnis.

brandstart pusmar

Merek merupakan persepsi yang ditanam dalam benak konsumen. Ternyata merek atau yang dikenal dengan istilah brand, bukan hanya mengacu pada produk, tapi juga bisa dikenakan pada manusia (personal), tempat, dan semua hal yang memiliki nama.

Perkembangan dunia branding dewasa ini digambarkan semakin terbagi dalam berbagai segmen pasar, Hal ini sejalan dengan semakin luas dan bercabangnya perkembangan industri dan bisnis kecantikan di Indonesia.

Dicontohkan bahwa dari sebuah salon maka bisnis kecantikan dapat berkembang sangat luas merambah ke bisnis salon dan spa, perawatan kulit, perawatan rambut, perawatan wajah. Bahkan salon pun bisa terbagi lagi menjadi segmen khusus anak-anak, khusus lelaki yang saat ini sedang booming sebagai barber, dan khusus wanita berjilbab yang dikenal sebagai salon muslimah.

Dari semua kesempatan tersebut, maka perlu sekali sebuah usaha terlihat berbeda dari kompetitornya, sehingga akan lebih diingat dan dipilih oleh konsumennya. Menjadi berbeda, itulah prinsip branding. Karena apabila konsumen sudah mengenal secara branding, maka dapat dipastikan kehidupan usaha tersebut akan berjalan dengan baik. Dengan branding yang baik, maka usaha tersebut bisa berkembang dan menjadi lebih berharga. Karena suatu usaha yang memiliki brand, akan memiliki nilai tersendiri. Baik itu nilai yang dapat diukur, maupun yang tidak terukur. Disanalah letak kekuatan sebuah brand. Bahkan nilai usaha yang telah memiliki brand dapat bernilai berlipat-lipat dibanding awal pendiriannya.

Selain menjelaskan manfaat dan pentingnya sebuah brand dalam usaha, dijelaskan pula mengenai program baru yang diadakan di Puspita Martha, yaitu program Beautypreneuship. Sebuah program pelengkap bagi orang yang berminat untuk berbisnis di dunia kecantikan. Dalam program ini tidak hanya diajarkan bagaimana memiliki skill dalam dunia kecantikan, namun juga bagaimana membangun usaha di dunia kecantikan. Dengan berbagai jenis program ditawarkan seperti 100% branding yaitu pelatihan singkat dan 1001 branding berupa kelas-kelas khusus sesuai permasalahan dalam dunia usaha. Juga ada program Branding Consulting, dimana peserta yang berminat membangun usaha akan diberi pendampingan khusus bagaimana mendirikan sebuah usaha.

Program kolaborasi antara Puspita Martha dengan Gambaranbrand ini merupakan salah satu cara Puspita Martha memfasilitasi kebutuhan yang selama ini ditemui terutama untuk memenuhi kebutuhan para Alumni Puspita Martha yang ingin membangun usaha selepas dari menempuh pendidikan di Puspita Martha.
 

Retno-150X150
Penulis : Retno Tresnawati (Project Manager & Riset)