Loading

Empat Sumber Pundi-Pundi YouTuber

ANAK kecil masa kini sangat akrab dengan gadget. Mereka tanpa hambatan bisa mengakses laman berbagi video, YouTube. Dengan berbagai keasyikan yang mereka tonton, YouTube sangat mengilhami mereka. Tidak jarang anak-anak masa kini jika ditanya cita-cita bisa menjawab spontan, ingin menjadi YouTuber.

Ya mereka pikir, menjadi YouTuber dan segala aktivitasnya penuh dengan keriangan. Dan bagi salah satu penulis artikel yang membahas tentang gaji YouTuber, Christantio Utama yang dilansir dari MoneySmart, gaji YouTuber memang menggiurkan. Tidak heran selebritas di berbagai belahan dunia ikut membuat akun di YouTube yang dimiliki Google ini. Dari mana sih pendapatan YouTuber yang konon bisa melampaui pendapatan CEO perusahaan terkemuka sekalipun ini:

  1. Youtube ads

Untuk mendukung biaya operasional dan hidup para YouTuber yang rutin menguggah video ke websitenya, YouTube akan membagikan komisi kepada seluruh pemilik channel yang ada setiap bulannya. Istilah yang dikenal kemudian dinamakan pembagian komisi dari YouTube ads alias iklan dari klien yang dilekatkan oleh YouTube pada video sang pemilik akun. Pelaku industri kreatif yang udah lama berkecimpung juga mengenalnya dengan kata AdSense.

Melalui kebijakan yang telah dibuat sedemikian rupa para content creator bakal mendapatkan uang berdasarkan seberapa banyak jumlah penonton yang melihat atau mengakses iklan di unggahan videonya.

  1. Affiliate marketing

Affiliate marketing atau dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran afiliasi adalah sebuah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara perusahaan komersial dan youtuber itu sendiri. Umumnya gaji YouTuber seperti ini diberikan oleh brand, seperti perusahaan e-commerce misalnya, yang sedang memasarkan produknya.

  1. Berjualan

Ini adalah cara yang  paling sedikit dilakukan sebab rata-rata yang memanfaatkan metode ini adalah perusahaan besar yang mengiklankan langsung produknya lewat video yang diunggah oleh pihak adminnya. Tapi ada kisah sukses dari Raffi Ahmad lewat produk pakaian RA dan Atta Halilintar yang memperkenalkan brand dengan nama AHHA yang sukses dengan cara ini.

  1. Endorsement

Endorsement produk adalah yang paling sering digunakan oleh para YouTuber. Cara kerjanya, mereka memperkenalkan sebuah produk tertentu yang kadang suka memiliki keterkaitan sama isi konten yang dibuat. Tujuan mereka menyelipkan iklan tersebut ya untuk mendapat keuntungan dari metode endorsement.