Loading
  • March 27, 2017
  • By site-admin
  • Blog
  • Comments Off on Greenery – Colour Trend Pantone 2017

Greenery – Colour Trend Pantone 2017

Warna merupakan salah satu unsur terpenting bagi produk di berbagai industri karena warna memiliki fungsi sebagai identitas. Selain itu, warna juga mengandung banyak makna dan isyarat sehingga dalam penentuan warna yang akan digunakan pada sebuah produk, perlu dipelajari terlebih dahulu tujuan dan manfaat dari produk tersebut.

Pantone merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan sistem panduan warna baku yang digunakan dalam berbagai industri, terutama yang berhubungan dengan produksi cat warna, kain dan plastik, termasuk pula industri fashion dan kosmetik. Sebagai penyedia color matching system baku internasional yang dikenal dengan istilah Pantone Matching System (PMS), Pantone selalu memberikan ramalan trend warna tiap tahun. Dan definisi dari Pantone ini, umumnya diakui industri sebagai trend yang kemudian diaplikasikan di produk-produk baru mereka.

Dibawah ini ada beberapa warna yang menjadi trending bagi Pantone:

Pada tahun 2017, Pantone memberikan warna yang bermula dari tajam dan terang hingga menuju warna yang memberikan “earthy feelings”, warna-warna yang mengelilingi kita di alam. Pantone ingin kita sadar bahwa kita harus kembali ke alam dan melalui warna-warna ini, orang-orang diharapkan dapat lebih cinta pada alam sekitar.

“a renewed sense of imagination in which color was appearing in context that was different than the traditional,” – Leatrice Eiseman, Executive Director of the Pantone Color Institute.

  1. Pantone 13-0755, Primrose Yellow
    Warna pertama ini penuh dengan kilauan dan semangat yang panas hingga kita merasa kehangatan instan. Tak hanya itu, warna ini sangat memberikan kesan antusias, kegembiraan dan hari-hari yang cerah.
  2. Pantone 13-1404, Pale Dogwood
    Pale Dogwood menghadirkan rasa ketenangan sembari dengan aura kepolosan dan kemurnian. Warna merah muda yang tenang, damai dan lembut menghadirkan cahaya yang sehat.
  3. Pantone 14-1315, Hazelnut
    Warna Hazelnut adalah warna netral dalam musim semi. Warna ini memberikan kita rasa membumi atau “earthiness” yang mendalam. Perasaan ini membawa kita pada kehangatan yang melekat.
  4. Pantone 14-4620, Island Paradise
    Warna ini cocok dalam wilayah kita yang tropis ini. Karena warna ini memberikan suasana yang tropis dan bersantai. Selain itu, warna biru dicampur hijau ini membuat kita lebih “refresh” sehingga pikiran kita tidak selamanya bosan.
  5. Pantone 15-0343, Greenery
    Greenery, warna kuning-hijau tajam ini, berbicara pada pikiran kita untuk dapat berhenti sejenak, bernapas dengan baik, mengeksplorasi dan melakukan percobaan untuk penemuan baru.
  6. Pantone 17-1462, Flame
    Warna orange berbasis merah ini sungguh memberikan kesan panas berapi-api untuk warna musim semi 2017 ini. Tak hanya itu, menunjukan sifat ingin berteman dan menyenangkan membuat warna ini sungguh menonjol.
  7. Pantone 17-2034, Pink Yarrow
    Penuh dengan perhatian, tropis, meriah dan menggoda sangat terpancarkan warna ini. Warna yang hidup dalam kemewahan ini dapat meningkatkan semangat dan adrenalin.
  8. Pantone 17-4123, Niagara
    Warna yang paling umum dalam musim semi ini, memberikan kesan nyaman dan dapat diandalakan. Warna biru seperti denim ini ingin berbicara pada keinginan kita untuk relaksasi.
  9. Pantone 18-0107, Kale
    Warna yang mirip dengan Greenery ini lebih menuaikan arti hidup sehat dan menggugah alam seketika. Warna yang bebasis hijau dedaunan ini mengartikan kesuburan pada dedaunan di alam.
  10. Pantone 19-4045, Lapis Blue
    Warna terakhir ini memberikan energi yang lebih sehingga kuat dan percaya diri sangat terpancar. Kepercayaan diri inilah muncul dari cahaya batin warna tersebut.

Dari warna-warna diatas, Pantone memilih sebuah warna yang ditetapkan sebagai Color of the Year 2017. Warna yang dipilih adalah Greenery. Karena pembangunan kota, dan berbagai macam hal yang menutupi kita dengan alam dan merusak alam semakin tinggi. Greenery berharap dapat menimbulkan kerinduan orang akan alam yang segar dan netral dari segala polusi. Tak hanya membuat kita ingin melihat alam tetapi ingin berkoneksi dengan alam.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa warna-warna tahun 2017 sangat membawa kedekatan dengan alam berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang membawa hawa sejuk dan eksentrik. Kedekatan dengan alam ini dapat menjadi acuan brand agar tetap selalu menjaga alam kita, khususnya di Indonesia. Negara yang terdiri dari ribuan pulau, kaya akan sumber daya alamnya, haruslah kita jaga dan perjuangkan.

Penulis : Gabriel Amileano Vidyananto (Riset)

Sumber diambil dari :