Loading
  • January 10, 2017
  • By site-admin
  • Berita
  • Comments Off on Membangun Brand Identity kerjasama antara Gambaranbrand dengan Binus

Membangun Brand Identity kerjasama antara Gambaranbrand dengan Binus

Awal tahun 2017, tepatnya 10 Januari dan 13 Januari, Gambaranbrand kembali bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara (Binus) Syahdan – Kemanggisan dan Binus Alam Sutra – Serpong dalam Program Citra Kemasan untuk mata kuliah Brand Identity (Rebranding Logo). Kerjasama kali ini fokus mengenai rebranding logo beberapa klien dan perusahaan yang telah bekerjasama dengan Gambaranbrand, logo mereka dijadikan tugas pada mata kuliah semester V DKV New Media – BINUS.

Brand Identity (Logo) merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah merek. Produk/jasa dari sebuah perusahaan akan dengan mudah dikenali oleh konsumen dengan melihat tampilan logo. Salah satu fungsi lain dari logo adalah untuk mempertahankan eksistensi perusahaan di tengah maraknya bisnis yang semakin variatif dengan begitu banyak pesaing didalamnya. Namun seringkali terdapat beberapa kesamaan dalam bentuk produk atau pun jasa yang diberikan. Untuk itu diperlukan sebuah pembeda yang dapat dilihat secara kasat mata dan mudah diingat oleh konsumennya, yaitu berupa logo.

Tantangan kali ini untuk para mahasiswa BINUS adalah me-rebranding logo perusahaan yang sudah ada, diantaranya : HOPHOP, Prisindo, Gado-Gado Boplo, Hisana, Inul Vizta, Breadlife, serta Martha Tilaar Salon dan Spa. Para mahasiswa dituntut untuk bisa mengeksekusi logo perusahaan yang benar-benar ada/riil, cukup dikenal masyarakat dan telah lama berdiri.

Dalam waktu kurang lebih selama 3 bulan, para mahasiswa mengerjakan tugas rebranding logo tersebut, dengan merubah tampilan logo dan identitas turunan lainnya seperti packaging produk. Selain itu, mereka juga harus memberikan penjelasan dan alasan terhadap perubahan yang sudah dilakukan. Hal ini merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh para mahasiswa, karena logo yang dikerjakan telah dikenal masyarakat sehingga tidak boleh merubah persepsi brand yang telah terbentuk selama ini. Itu sebabnya, sebelum memulai pengerjaan tugas, para mahasiswa diwajibkan menggali sebanyak-banyaknya informasi terkait produk dan brand tersebut.

Hasil dari pengerjaan rebranding logo ini cukup bervariasi dan memunculkan ide-ide segar bagi para owner perusahaan, yang hadir pada acara mini pameran hasil karya mahasiswa. Para mahasiswa pun merasakan manfaat dengan mengerjakan tugas ini, antara lain :

  1. Lebih merasa tertantang dengan mengerjakan proyek riil yang benar-benar ada industri/perusahaannya.
  2. Manajemen waktu, dalam hal ini harus pintar mengatur alokasi waktu (mulai dari menerima brief, riset dan proses pengerjaan design hingga selesai).
  3. Belajar menerima brief dan informasi secara langsung dari para pimpinan perusahaan.
  4. Belajar melakukan riset dan memahami karakter dari para konsumen produk yang dikerjakan sebelum melakukan redesign logo.

Lia-150X150
Penulis : Liya Aprilia (Project Manager)