Loading
  • January 11, 2017
  • By site-admin
  • Berita
  • Comments Off on Membangun Usaha di Industri Kecantikan

Membangun Usaha di Industri Kecantikan

Dunia kecantikan merupakan dunia yang sangat dinamis dan selalu mengikuti perkembangan jaman. Industri kecantikan setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan laba, baik di Eropa, Amerika, maupun di Asia. Bahkan Jepang dan Korea Selatan telah memiliki berbagai produk dan brand kecantikan yang mampu bersaing terhadap produk dan brand dari Amerika. Hal ini disebabkan selalu ada inovasi baru baik dalam bentuk kreativitas mode fashion, maupun produk kosmetik, bahkan sampai teknologi yang digunakan.

Gambaranbrand bekerjasama dengan Puspita Martha, International Beauty School, pada tanggal 10 Januari 2017 lalu mengisi kelas Business and Management. Dalam materinya tersebut diberikan paparan mengenai besarnya peluang dan pasar untuk melakukan bisnis di industri kecantikan, terutama di Indonesia.

Jumlah penduduk di Indonesia merupakan terbesar ke-4 di dunia, dengan kesadaran akan fashion dan dunia kecantikan yang cukup tinggi, terutama pada masyarakat perkotaan. Hal tersebut merupakan acuan dasar pagi para Beautypreneur atau sebutan bagi siswa di Puspita Martha untuk mulai memikirkan rencana membangun usaha setelah lulus dari masa pendidikannya dalam program Beautypreneurship.

Selain diajarkan keterampilan kecantikan selama menempuh pendidikan di Puspita Martha, para Beautypreneur pun diberikan gambaran besar bagaimana membangun usaha dalam industri kecantikan. Dimulai dengan membuat konsep bisnis berdasarkan mimpi dan harapan owner sehingga dapat berbeda dari pesaing, membuat perencanaan bisnis, sampai memulai langkah-langkahnya.

Peserta kelas pada hari itu cukup antusias menanggapi informasi yang mereka terima. Kegiatan Tanya jawab pun tidak terelakan. Keanekaragaman latar belakang siswa membuat suasana kelas menjadi hidup. Terutama dengan kehadiran siswa yang telah lama menekuni dunia kecantikan, sehingga dapat berbagi pengalaman kepada siswa lain yang belum pernah terjun sama sekali dalam dunia kecantikan.

Setelah mengikuti kelas Business and Management tersebut, hal yang menjadi perhatian utama bagi para peserta adalah pentingnya memiliki kejelasan konsep dan ide bisnis, sehingga dapat lebih fokus dalam membuat perencanaan usaha. Agar usaha yang mereka miliki terlihat berbeda dan lebih menonjol sehingga mudah dikenali oleh konsumennya. Itulah inti dari sebuah usaha yang memanfaatkan ilmu branding secara umum.

Retno-150X150
Penulis : Retno Tresnawati (Project Manager & Riset)