Loading
  • July 12, 2019
  • By yogi iskandar
  • Branding Manajemen
  • Comments Off on Wafer Superman Menang Hadapi Gugatan DC Comics

Wafer Superman Menang Hadapi Gugatan DC Comics

PRODUSEN wafer lokal PT Marxing Fam Makmur yang memproduksi wafer legendaris Superman memenangkan gugatan atas DC Comics. DC Comics yang punya penggemar kuat pada April 2018 melayangkan gugatan pada PT Marxing Fam Makmur ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Mereka ingin Ditjen Haki Kementerian Hukum dan HAM mencoret Superman dari daftar merek di Indonesia. Sehingga DC bisa memiliki hak eksklusif terhadap merek Superman di Indonesia.

Kemenangan ini tentu saja mengejutkan mengingat Superman memang diproduksi oleh mereka dan bahkan telah beberapa kali diadaptasi menjadi serial televisi, animasi, hingga layar lebar, termasuk film Justice League yang rilis 2017 lalu.

Pertikaian merek dagang ini pada dasarnya terkait merek dagang dan juga Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau intellectual property rights (IPRS). Sementara prinsip pendaftaran merek adalah siapa yang pertama kali mendaftar maka menjadi pihak pertama yang ditangani pengurusan mereknya.

Hal lain menguatkan, prinsip pendaftaran merek didasarkan pada teritorialias yang artinya perlindungan merek hanya berlaku di negara tempat merek tersebut didaftarkan. Sehingga ini juga berarti  perlindungan merek tidak berlaku di negara lain yang tidak didaftarkan.

Berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia itu, PT Marxing Fam Makmur kemudian menjadi pihak yang dianggap sebagai pemegang merek Superman untuk kelas tersebut di Indonesia. Perlindungan merek perusahaan itu tidak berlaku di negara lain jika tidak mendaftarkannya.

Dalam berbagai pemberitaan media PT Marxing Fam Makmur telah mendapatkan sertifikat merek dari Kemenkumham pertama pada tahun 1993 untuk kelas 30 dan 34 dan diperbaharui tiap 10 tahun. Sementara PDC Comics baru berinisiatif mendaftarkan merek Superman ke Kemenkumham pada 2017.

Kemenangan itu juga didukung fakta bahwa selama ini PT Marxing Fam Makmur tidak pernah menuliskan merek ini adalah merek dari DC Comics. Pihak produsen juga menegaskan bahwa di Indonesia Superman dikenal sebagai tokoh kartun, bukan produk makanan. (RH)