Loading

Kopi Kenangan Disuntik Dana Jay Z dan Serena Williams

TIDAK dinyana, perusahaan ventura yang dimiliki rapper Jay Z dan petenis Serena Williams baru-baru ini menyuntikkan modal untuk perusahaan kopi lokal Indonesia yang memang sedang naik daun, Kopi Kenangan. Kopi Kenangan ini nmerupakan milik Edward Tirtanata. Dia merintis bisnis kopi ini pada 2017 bersama dengan rekannya, James Pranoto. Sasarannya jelas, dengan harga yang sangat kompetitif dengan kisaran Rp 15.000 hingga Rp 38.000, mereka membidik kalangan millenials.

Dengan bidikannya itu, Kopi Kenangan juga memiliki menu kopi dengan nama-nama yang unik yakni kopi kenangan mantan, kopi kekasih gelap, kopi kekinian, kopi kenangan masa lalu, dan mereka juga punya menu teh, es teh nostalgia.

Banyak yang memprediksi kopi ini akan menjadi pesaing kedai kopi waralaba yang berasal dari Seattle, Washington. Kedai ini bahkan telah memiliki gerai sebanyak 30 ribu di seluruh dunia. Tentu saja persaingan ini sangat menantang.

Kembali dengan isu suntikan modal, Kopi Kenangan mendapatkannya dari Arrive, salah satu perusahaan di bawah Roc Nation milik rapper Jay-Z, Serena Ventures milik atlet ternama Serena Williams, pebasket ternama Caris LeVert, serta CEO dan Pendiri Sweetgreen Jonathan Neman. “Kami terinspirasi oleh keuletan, visi dan kemampuan Kopi Kenangan dalam menjalankan bisnis,” ujar salah satu Pendiri dan Presiden Arrive, Neil Sirni dalam keterangan tertulis yang dirilis media di Indonesia beberapa saat lalu.

Mereka rupanya telah memperhatikan pergerakan dan perkembangan Kopi Kenangan yang dalam dua tahun mampu meluaskan jaringan hingga ke 18 kota, memiliki 200 gerai, dan mampu memperkerjakan 1.800 pegawai. “Kami bangga dapat menjadi investor dan mitra Kopi Kenangan dalam upaya mereka memperkenalkan kopi khas Indonesia ke dunia,” tambahnya.